MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI
Manajemen Layanan Sistem Informasi
Dengan adanya Teknologi internet, kini manusia semakin kaya
akan informasi. Internet sudah menjadi seseuatu yang penting bagi
keberlangsungan manusia di era zaman milenial. Banyak manfaat dari internet
terutama dalam bidang Komunikasi dan Informasi. Untuk diperluasnya, internet juga
bermanfaat untuk berbisnis, politik, ekonomi, dan bersosialisasi. Sudah banyak
sarana dari internet untuk mengetahui sebuah informasi. Misalnya e-mail,
e-learning, e-business, e-book, e-library, dan masih banyak lagi yangBisa kalian
peroleh dengan internet.
Pada era digital ini, internet sangat berpengaruhi pada kehidupan. Seiring perkembangan zaman,
kini manusia tidak perlu lagi bersusah payah mencari informasi dengan media
cetak seperti Koran dan Majalah. Mesin pencari yang menjadi sebuah wadah dalam
melakukan sebuah informasi. Hanya menggunakan kata dan kalimat (keywords) yang
kita cari, mesin pencari langsung mendeteksi apa yang kita cari dan dapat
membantu menyelesaikan suatu kesulitan pada suatu informasi yang tidak kita
ketahui. Sangat efisiensi waktu bukan? Internet bisa diakses jika kita punya
koneksi dengan perangkat yang bisa mendukung pertukaran data secara global.
Contoh
peripheral yang digunakan untuk mengakses internet adalah jaringan Wifi,
Satelit, dan Fiber Optic. Wifi adalah cara terhubung dengan Internet menggunakan
titik akses (hotspot) terdekat. Titik akses tersebut biasanya terhubung
dengan BTS (Base Transciever Station) yang merupakan tower penguat
pemancar sinyal seluler. Kali ini kami akan membahas tentang manajemen layanan system
informasi pada jaringan penyedia layanan internet atau wifi di sekitar kita.
Pada dasarnya konsumen sangat membutuhkan pelayanan yang
sangat prima dan memuaskan dari Produk yang sudah ia bayar. Pelayanan yang
cepat dan tanggap itu menjadi solusi untuk memuaskan hati konsumen. Dan di sisi lain
penyedia layanan internet ata ISP harus memiliki banyak peran yang
sangat efektif dan juga sangat penting bagi individu atau organisasi manapun. Penyedia
layanan internet harus mempunyai keungulan strategi kompeitif dalam persaingan dan
mengetahui selera konsumen serta peluang pasar. Diharapkan internet dapat
diakses secara cepat, on time tanpa harus
lama menunggu dan akurat bagi pemakainya.
- Apa saja yang diinginkan konsumen terhadap Penyedia layanan internet ?
- Kecepatan
transfer data
Dalam berinternet ria, kita tak akan terlepas dari yang namanya download, upload dan browsing. Semua aktifitas tersebut akan sangat bergantung dengan kecepatan transfer data yang telah disediakan provider. semakin besar kecepatan transfer data yang disediakan provider artinya semakin besar kecepatan trasfer data yang kita peroleh dari ISP kita maka akan semakin cepat proses kita dalam mengakses internet. - Bandwith
Pengertian bandwith adalah lebar saluran data yang dilewati secara bersamaan oleh beberapa data yang ditransfer dalam suatu jaringan. Ibaratkan bandwith itu jalan raya, semakin lebar jalannya maka semakin banyak kendaraan yang bisa lewat secara bersamaan. Kita perlu untuk mengetahui badwith yang dimiliki oleh suatu ISP untuk mengetahui kemampuan ISP tersebut dalam melakukan transfer data, juga agar bisa dijadikan pembanding dengan ISP yang lain - TeknologiSelain yang sudah disebutkan di atas, hal lain yang perlu kita perhatikan dalam memilih ISP adalah teknologi yang digunakan, beberapa penyedia layanan internet ada yang menggunakan sistem kompresi data yang memungkinkan transfer data menjadi lebih cepat
- Biaya
Pastinya semua orang mengiginkan biaya yang murah untuk mengehemat pengeluaran. - Stabil dan dapat diandalkan
Yang terpenting dalam sebuah internet adalah sebuah koneksi stabil dan lebih tahan dalam gangguan kondisi cuaca apapun.
Kami akan sedikit memberikan contoh analisa
pelayanan internet dari salah satu provider yang mungkin namanya sudah
tidak asing oleh kita, yaitu Indihome.
IndiHome adalah singkatan dari Indonesia Digital HOME
adalah salah satu produk layanan dari PT Telekomunikasi Indonesia berupa
paket layanan komunikasi dan data seperti telepon rumah (voice), internet (Internet
on Fiber atau High Speed Internet), dan layanan televisi interaktif(USee TV Cable,
IP TV). Karena penawaran inilah Telkom memberi label IndiHOME sebagai tiga
layanan dalam satu paket (3-in-1) karena selain internet, pelanggan juga
mendapatkan tayangan TV berbayar dan saluran telepon.
IndiHome resmi diluncurkan pada tahun 2015. IndiHome juga
merupakan salah satu program dari proyek utama Telkom, Indonesia Digital Network 2015
dimana indihome digadang-gadang sebagai pengganti Internet Speedy yang masih satu Label. Dalam
penyelenggaraannya, Telkom menggandeng sejumlah pengembang teknologi
telekomunikasi untuk membangun rumah berkonsep digital.
Apakah Indihome sudah memiliki pelayanan yang sudah maksimal ? berikut adalah kekurangan dan kelebihannya.
- Kelebihan
- Internet Unlimited tanpa ada batasan kuota. Kita bisa menggunakan internet tanpa batasan waktu dan tanpa harus memikirkan kuota
- Jika dibandingkan dengan koneksi internet dari modem yang notabene menggunakan jaringan wireless seperti GSM dan CDMA, tentu IndiHome ini jauh lebih oke dan lebih nyaman
- Modemnya bisa digunakan untuk jaringan hotspot wifi. Sehingga anggota keluarga bisa ikut terhubung di jaringan tersebut. Entah itu dari PC, laptop, ataupun smartphone
- Bisa dibilang Akses internet cepat dan sangat stabil. Sangat cocok bagi kamu yang sehari-hari aktif bekerja menggunakan internet, main game online, streaming video di Youtube, atau download file besar
- Kekurangan
- Harga Lebih Mahal dibanding Provider lainnya.
- Indihome adalah internet Rumahan. Jadi penggunaan hanya disekitar rumah, tidak bisa dibawa bepergian.
- Jika hujan biasanya kualitas jaringan menurun.
Berikut ini adalah Contoh Kasus yang dialami Customer
Dikutip dari laman forum Kaskus.com bahwa
ada yang mengatakan bahwa “Informasi kepada yang ingin menggunakan jasa
Telkom Indihome (layanan TV, internet, dan telepon). Koneksi sering
bermasalah, koneksi sering putus-putus. Tidak seperti Indovision, Telkom
Indihome tidak melakukan pengumuman kerusakan/masalah yang sedang
terjadi.Ketika ditelepon ke bagian pengaduan (147), operator pun tidak
tahu kerusakan apa yang sedang terjadi. Bahkan ketika kita minta petugas
teknisi datang ke rumah untuk memperbaiki kerusakan, hanya janji saja
yang diberikan (bahwa petugas akan datang hari esok atau lusa), tetapi
petugas teknisi tidak kunjung datang semenjak pengaduan.”
Ada juga yang meluapkan kekecewaannya karena
tagihan tidak seseuai seperti yang dituangkan pada surat pembaca dari
Detik.com “Pada tanggal 22 Juli 2017, kami menerima tagihan Indihome di
rumah saya dengan nomor 22703197 sebesar Rp 500 ribuan. Setelah
konfirmasi ke call centre 147, disampaikan masa promo telah habis dan
masuk ke tagihan normal. Semula kami bermaksud memutuskan layanan, namun
petugas menawarkan perubahan paket dengan harga sekitar Rp
383.000/bulan. Tetapi setelah kami menyetujuinya, tagihan yang datang di
bulan berikutnya masih sama di angka Rp 500 ribuan.”
Sebenarnya masih banyak lagi Ulasan yang
diberikan terhadap Indihome dari para konsumen atau pelanggannya. Tapi
kami hanya mengambil sampel yang mewakili dari banyak populasi terebut.
Dengan demikian contoh kasus dan kekurangannya, ternyata masih ada
keluhan dari pelanggan yang kurang puas dengan service yang diberikan
oleh pihak indihome. Mungkin mereka merasa bahwa apa yang mereka minta
dan mereka inginkan kurang respon sehingga mereka menuliskan
kekecewaannya di laman tersebut.
Solusi
Meningkatkan Kualitas Pelayanan dengan cara
lebih merespon keluhan pelanggan dengan cepat dan tanggap, menjaga
jaringan agar tetap stabil di segala kondisi, lebih interaktif dengan
memberikan pemberitahuan terhadap konsumen jika ada gangguan atau
kenaikan biaya tagihan. Menurut kami Sebuah Harga yang terbilang mahal
adalah wajar jika Kualitas sebuah jasa yang diberikan baik dan
memuaskan.
Referensi :
Komentar
Posting Komentar