ilmu budaya dasar

1.     Budaya-Budaya yang berlaku dimasyarakat
Penerapan Ilmu Budaya dasar dalam kehidupan manusia secara tidak sengaja bahwa kita sebagai manusia secara sadar atau tidak sadar sering berinteraksi antar teman, masyarakat, ataupun keluarga. Inilah yang disebut Penerapan Ilmu budaya dasar dalam kehidupan kita. Dimana yang dimaksud Budaya diatas adalah bagaimana kita harus bersikap dalam aspek kehidupan yang berbeda-beda sehingga kita dapat menempatkan diri pada situasi apapun yang akan kita hadapi.
      Dalam penerapan Ilmu ini faktor pendukungnya antara lain adalah agama atau kepercayaan kita terhadap Tuhan. Dimana dalam agama itu sendiri sudah pasti diajarkan bagaimana kita harus menjaga interaksi kita terhadap Tuhan dan sesama manusia, agar tercipta hubungan yang harmonis dalam kehidupan.
      Inti dari ilmu budaya dasar dalam kehidupan bermasyarakat, yaitu sejauh apa ilmu budaya dasar dapat mempengaruhi sikap dan tata cara kita dalam bermasyarakat. Bila kita sudah mempunyai dasar yang kuat, dapat diyakini bahwa kita akan dapat membawa diri dalam masyarakat.
Dalam lingkungan apa saja penerapan itu kita lakukan? Penerapan itu bisa kita lakukan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Penerapan norma-norma, kebiasaan, dan Budaya yang berlaku itu pada dasarnya berkaitan dengan penggunaan hak dan pemenuhan kewajiban. Marilah kita mulai dari lingkup yang paling dekat, mulai dari hak dan kewajiban sebagai warga dilingkungan RT (rukun tetangga).
Berbagai kebudayaan yang dilaksanakan di lingkungan RT pada dasarnya dimaksudkan untuk lebih meningkatkan tali silaturahmi, kekompakan, kerukunan, dan kebersamaan diantara warga.Untuk tujuan itulah maka kegiatan dilingkungan RT (terutama uang diselenggarakan oleh Pengurus RT) harus didasarkan pada aturan agama dan moral yang berlaku dilingkungan tersebut.




Dalam melaksanakan kebudayaan ini dihindarkanlah penyelenggaraan kegiatan yang sekiranya dapat mengganggu ketertiban lingkungan, menyinggung perasaan seseorang atau sekelompok suku, agama, atau ras yang ada di lingkungan sekitarnya. Namun sebaliknya setiap kagiatan harus bersifat membangun dan produktif.

Diantara kegiatan yang secara umum sering dilakukan oleh warga, kita dapat bedakan menjadi 2 (dua), yaitu : 

1.      Kegiatan Rutin
a.       Menyelenggarakan Pengajian Bulanan.
b.      Menyelenggarakan Arisan Warga.
c.       Menyelenggarakan Kerja bakti membersihkan lingkungan.
d.      Menyelenggarakan Olahraga bersama.
e.       Menyelenggarakan Ronda Malam.
f.       Menyelenggarakan Peringatan hari-hari besar nasional.

2.      Kegiatan Insidental
a.       Menjenguk warga yang sakit.
b.      Menjenguk warga melahirkan.
c.       Mengantar warga pindahan.
d.      Melayat warga yang wafat. 
e.       Menyelenggarakan acara Makan bersama.
f.       Melaksanakan pembangunan dan pemeliharaan lingkungan.
g.      Menyelenggarakan penyuluhan dan pelatihan keterampilan warga.
h.      Menyelenggarakan event-event perlombaan dan kompetisi sesuai bidangnya (olahraga, keagamaan, dan lain-lain).




Komentar

Postingan populer dari blog ini

tugas b inggris